Mahasiswa Inspirasi, Inspirasi Mahasiswa

Kekhasan video ini: menampilkan tokoh lokal, berprestasi global.

Wow, itu yang terucap saat melihat tokoh-tokoh dalam video ini. Keren, dan tak percaya karena semua orang beken ini kuat secara proximity, semua ada di Universitas Multimedia Nusantara (UMN). Griselda ‘Gritte’ Agatha, artis layar kaca sejak usia dini, yang mahasiswi Desain Komunikasi Visual UMN, serta enterpreuner sukses di bidang merchand, seperti kaos, tas, gantungan kunci, pin, dan lain-lain.

Ada pula Aland Sinduartha dan Osbert Adrianto, web developer ‘Dream Box’ yang memenangkan kontes Bisnis Plan UMN dan mendapat ‘hadiah’ fasilitas berkantor di lantai 12 UMN.

Secara ide, video garapan Fellya Hartono, Arum Kusuma Dewi, Christina, Cornelius Bintang, Cosmas Bayu Sadewo, Johanes Doli Hutabarat, Elisabeth Sonia, Ristania Tiara, Aliefia Nada Malik, dan Svaradiva Anurdea Devi ini luar biasa sekali. Ekselen. Sayang, selain masalah teknis, pada konten juga kurang penggarapan maksimal. Misalnya, insert saar Aland dan Osbert bergiat di ruang kerjanya, yang tak jauh lokasinya, karena ada di seputaran kampus.

Kritik teknisnya: audio lumayan jelas namun noise masih cukup mengganggu, gambar belang-belang karena atap bolong-bolong. Untuk mengatasi ini bisa menggunakan lampu yg lumayan besar dari arah depan atau pindah lokasi. Hindari lokasi-lokasi yang terlalu “tricky” pencahayaannya.

Selain itu, banyak pergerakan kamera yang nanggung, zoom in, zoom out, pan sambil zoom. Dalam proses editing jangan  “cut” ketika proses zoom/pan masih berlangsung, biarkan berhenti 2-3 detik baru “cut” dan pindah ke kamera lain. Dalam talkshow jarang dilakukan pergerakan kamera dengan zoom, bila ingin menimbulkan kesan dinamis, sekalian saja kamera dipanggul dan melakukan track in, track out, bahkan canning (sering dilakukan MTV).

Selebihnya, awesome!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *