Notice: Undefined index: host in /home/jojr5479/public_html/wp-content/plugins/wonderm00ns-simple-facebook-open-graph-tags/public/class-webdados-fb-open-graph-public.php on line 1020

Tiang Penting di Tangerang

Ini juga liputan tentang seni, tak beda dengan kelompok sebelumnya yang memotret galeri seni di Bandung. Bedanya, dengan gaya bertutur, Galeri Tiang lebih ‘bercerita’.

Tak sengaja bertopik hampir sama dengan Galeri Sarasvati, kelompok yang digawangi Vony Darmanto, Fathania Baiqilla, Bilqis Naufi, Ageng Putra Kusdinar, Nikolaus Harbowo, dan Steven memilih profil galeri seni. Tak usah jauh-jauh ke Bandung, tim Ocol mengekspose Galeri Tiang yang sangat kondang di Tangerang. Selain terkenal karena sering mengisi berbagai acara, off air maupun on air di media elektronik, komunitas seni ini pernah menjadi sorotan saat diobrak-abrik Satpol PP Kota Tangerang.

http://www.youtube.com/watch?v=gUxqCkEYG68

Memilih gaya bertutur Edi Bonetski –salah seorang pentolan Galeri Tiang selain Yayat Lesmana, cerita menjadi lebih hidup. Kelemahan ada pada audio, misal saat bertanya ke Edi, suara penanya kerap tak terdengar, karena tak ada clip-on atau mike diarahkan pada penanya. Kalau memang alasan keterbatasan alat, coba pakai cara lain, misal pertanyaan ditulis sebagai flash text.

Masalah kecil yang tak bisa dianggap kecil yakni akurasi. Biasakan menulis nama orang dalam minimal dua kata, kecuali jika namanya memang hanya satu kata saja. Yayat Lesmana merupakan tokoh besar dalam dunia seni Tangerang, dan merupakan pendiri sekaligus tiang utama Galeri Tiang. Sangat aneh kalau kemudian CG (character generator) nya hanya ditulis satu kata –salah pula- ‘Yayan’.

Juga lucu pula menanyakan, “Apa saja karya yang sudah Anda hasilkan?” Lalu Yayat menjawab agar reporter membuka google dan youtube. Ini sebuah kisah konyol. Itulah pentingnya riset, riset, dan riset, observasi, observasi, dan observasi sebelum mengeksekusi sebuah liputan. Ingatlah, bahwaroses pra produksi tak kalah penting dibandingkan produksi dan pasca produksi.

Terlepas dari itu, pemilihan tema yang unik dan belanjaan visual yang keren, menghasilkan profil yang ‘nyeni’!

Leave a Reply

Your email address will not be published.