Presiden dan Tunggangannya

Beberapa presiden ternyata punya dokumentasi bagaimana aksi mereka bersama roda dua.

Gambar Presiden Jokowi naik motor tral saat bertemu warga pesisir di Muara Gembong, Bekasi, Rabu, 1 November 2017 kemarin kembali viral. Tak kalah viral dengan visual serupa saat Presiden Jokowi menengok perkembangan jalan Trans Papua di Wamena, Mei 2017 silam.

Usai penyerahan surat keputusan (SK) pemanfaatan hutan dan SK pengakuan dan perlindungan kemitraan kehutanan kepada warga Teluk Jambe di Kabupaten Karawang dan warga Muara Gembong di Kabupaten Bekasi, Presiden Jokowi tak mau aksinya dilebih-lebihkan.

Biro Pers, Media, dan Informasi Istana Kepresidenan

Ketika mengendarai sepeda motor, Presiden harus melewati jembatan gantung yang hanya bisa dilewati sebuah motor sehingga wartawan menanyakan apakah mengalami kesulitan saat melintasi jembatan tersebut. “Enggaklah biasa. Biasa kok naik sepeda motor,” ucap Presiden.

Biro Pers, Media, dan Informasi Istana Kepresidenan

Presiden juga menjelaskan bahwa sepeda motor trail yang digunakan bukanlah sepeda motor baru. “Yang dulu ya dipakai lagi, nanti punya (motor) baru lagi malah belajar lagi, yang lama-lah dipakai,” tutur Presiden.

Presiden dan motor, atau presiden dan tunggangannya sesungguhnya bukan hal baru di negeri ini.

Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono punya pengalaman unik saat hendak menghadiri acara pembukaan balap mobil A-1 di Sentul, Bogor, Januari 2014 usai terjebak banjir di Jakarta.

Sebagaimana diberitakan Tribunnews, saat itu, SBY memutuskan keluar dari mobil dan membonceng sepada motor pengawal. Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) kalang kabut. Skenario itu tidak dipersiapkan sehingga SBY perlu menenangkan Komandan Group Pengamanan Presiden, Kolonel Agus Sutomo.

Tribunnews.com

 

“Agus, ini namanya kontinjensi. Saya tahu mugkin ini salah, atau tidak lazim. Insya Allah tidak akan terjadi apa-apa,” kata SBY kepada Agus Sutomo.

Agus kemudian menjawab,” Siap laksanakan Bapak Presiden.” Selanjutnya Agus mengawal dari dekat motor yang membawa SBY ke tujuan. Begitu pula ketika hendak meninjau musibah jebolnya Situ Gintung, 2009 lalu, SBY juga membonceng sepeda motor pengawal.

Pers, Media,dan Informasi Istana Kepresidenan

 

Adapun Presiden Soeharto sangat viral foto zaman dahulu saat mencoba motor gede sekelas Harley Davidson di pelataran Bina Graha, sementara para ajudannya siaga mengawal di sekeliling.

Mereka punya tunggangan, mereka punya selera…

Sebagaimana ditayangkan di http://tz.ucweb.com/11_1ENsj

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *