Raih Hati Warga Jabar? Pakailah Pendekatan Persib

Ada ungkapan, jika Anda ingin meraih hati urang Sunda, dukunglah Persib Bandung. Persib adalah entitas yang menyatukan warga Jawa Barat, pada umumnya. Tak hanya di Bandung dan kota-kota sekitarnya, bahkan sampai Bekasi, Puncak, Cirebon, Ciamis, Sukabumi dan daerah-daerah lain. Tak hanya klub sepakbola, Persib pun dirasa sudah bak identitas kultural warga Jawa Barat.

Pergilah ke Jawa Barat dan baca koran Pikiran Rakyat, Tribun, Gala Media atau apa saja… Seperti ada ‘rumus’ jika mau koran laku di lapak, pakai HL atau banyakin gambar dan berita Persib. Atau coba baca harian olahraga Top Skor, back covernya kebanyakan berita Persib.

Jadi, menjadi menarik ketika Senin, 4 Desember 2017 kemarin, saat berangkat meresmikan Tol Soreang-Pasirkoja (Soroja), Presiden Jokowi memilih naik bus Persib Bandung menuju lokasi acara.

“Pak Presiden kan mau mencoba jalan tol baru. Pak presiden ingin menggunakan bus Persib karena ia mengagumi Persib sebagai salah stu klub terbesar di Indonesia,” kata Kepala Staf Kepresidenan, Teten Masduki saat on air di PRFM.

Menurut Teten, Presiden memiliki perhatian besar terhadap industri sepakbola Indonesia. Ia pun berkeinginan agar klub-klub besar seperti Persib jangan hanya berlaga di dalam negeri saja, tapi juga di Liga Asia.

“Beliau pernah ngobrol sama saya dan masyarakat bola kalau klub besar harus berlaga di Liga Asia. ia bangga Indonesia punya banyak klub besar, salah satunya Persib. Maka ia memilih naik bus Persib untuk meresmikan Tol Soroja,” paparnya.

Teten menyampaikan, dipilihnya bus Persib sebagai akomodasi menuju Tol Soroja merupakan inisiatif dari Presiden. Selama di bus Persib, Presiden didampigi dirinya serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

“Ini inisiatif dari beliau. Selain presiden ada saya ada Menteri PUPR, dan Sekretaris Kabinet yang juga ikut naik bus,” katanya.

Teten menambahkan, warga Bandung bisa menyapa, bersalaman dan berfoto bersama Presiden saat orang nomor satu itu singgah di pintu masuk tol. Setelah meresmikan Tol Soroja, Presiden melanjutkan  perjalanan ke Curug Jompong untuk mencari solusi banjir yang kerap melanda Bandung Selatan.

Usai acara, wartawan iseng mengonfirmasi hal ini pada Presiden. Di antara doorstep terkait jalan tol baru dan pengajuan calon Panglima TNI, Presiden ditanya alasan memakai bus Persib.

Dengan ringan Presiden Jokowi menjawab, “Ya karena bus Persib-nya bagus. Karena busnya ada di situ, dan saya lihat bagus, ya naik saja.”

Jadi, sukseskah kiat ini merebut hati warga Jabar dan membuat tatar Sunda, tatar Priangan, takluk pada 2019 mendatang? Seolah-olah, Jokowi pun berseru, “Persib Nu Aing.. Persib punya saya..”

Nice try, Kang Teten dan Presiden Jokowi…

seperti ditayangkan di http://tz.ucweb.com/12_2gKA5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *