Ke Mana Anda Habiskan Libur Imlek?

Long weekend telah tiba. Jum’at 16 Februari menjadi long weekend pertama tahun 2018, bersamaan dengan perayaan Tahun Baru China atau Imlek 2569, pergantian dari kalender tahun Ayam Api di 2017 menjadi tahun Anjing Tanah di 2018.

Bersama keluarga dan kolega terdekat dari lingkungan perumahan, kami menuju ke Kebun Raya Bogor. Sebuah alternatif wisata nan murah-meriah. Meninggalkan Jakarta, tapi tak jauh-jauh. Sementara kawasan Puncak masih tanda-tanya pasca bencana longsor, arah ke Bandung dan seterusnya juga pasti macet total.

Ditambah lagi, perjalanan ke Bogor menggunakan Kereta Rel Listrik (KRL). Memarkir mobil kami di pusat perbelanjaan Bintaro XChange, kami pun jalan kaki menuju Stasiun Jurangmangu untuk menumpang kereta api arah ke Stasiun Tanah Abang dan dari sana berganti KA jurusan Angke ke Bogor. Sekalian kembali mengenalkan pentingnya bepergian dengan transportasi publik kepada anak-anak.

Kebun Raya Bogor yang berada di bawah naungan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI ) ini baru saja merayakan dua abad keberadaannya. Memiliki luas mencapai 87 hektar dengan koleksi 15 ribu jenis koleksi pohon dan tumbuhan, Kebun Raya Bogor hanya mematok tarif tiket 14 ribu per orang.

Bogor memang indah, dan menjadi peristirahatan sejenak bagi warga Jakarta, sejak masa bernama Buitenzorg di era Belanda. Kini daya tarik Kebun Raya Bogor bertambah, karena Presiden Jokowi tinggal di Istana Bogor, yang dapat diakses dari dalam salah satu ruas di kebun raya.

Maka, salah satu hiburannya, yakni setiap kali ada pengawalan Paspampres menuju pintu keluar kebun raya, kami yang tengah berpiknik menggelar tikar ramai-ramai berdiri berteriak, “Pak Jokowi, Pak Jokowi…” Ternyata, meski dikawal dan ada sebuah mobil mewah di tengah rangkaian, mobil berpelat nomor RFS itu bukanlah mobil presiden. Meski belakangan kami tahu, hari Jum’at siang tadi, Presiden Jokowi menghadiri pernikahan anak dari Bejo, mantan sopirnya saat masih bertugas sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Jadi, ke mana liburan Imlek Anda tadi? Oh iya, tak lupa terucap, Selamat Tahun Baru Imlek 2569, Gong Xi Fa Cai, Xin Nian Kuai Le. Semoga keberuntungan, kemakmuran, dan kebaikan melimpahi perjalanan kita di tahun baru Anjing Tanah! 

Seperti dimuat di http://tz.ucweb.com/2_3LhCa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *