Pesan Simbolik di balik Latihan Tinju Jokowi

Video blog alias vlog terbaru Presiden Jokowi lain dari biasanya. Bukan sekadar program pembangunan atau kegiatan rutin, tapi lebih kepada kegiatan akhir pekannya.

Kalau dulu pernah diviralkan Presiden Jokowi berolahraga panahan, futsal dan jogging, kini ia mencoba latihan olah raga baru: tinju. Selain Jokowi, aktor dalam syuting latihan video ini yakni pelatih tinju, Pak Abed dari Pertina Bogor. Di akhir-akhir tayangan berdurasi 2 menit itu, tampak pula adegan Presiden Jokowi bersparring partner dengan Teddy, ajudannya -yang tentu saja dari posturnya kelihatan sebagai seorang anggota militer atau polisi.

Dalam pengantarnya, Presiden Jokowi berujar tentang aktivitas latihan tinju, “Benar-benar melelahkan tapi juga menyegarkan.”

Menurut Presiden Jokowi, olahraga tinju ternyata tidak sekadar latihan bertarung. Di dalamnya ada pelajaran tentang kecepatan tubuh, gerak refleks, dan konsentrasi pikiran.

“Satu yang pasti, olahraga tinju membutuhkan ketahanan fisik yang tinggi. Dan tubuh yang sehat dan bugar, melahirkan pikiran yang jernih,” kata Presiden.

Beragam komentar di berbagai Whats App Grup mengomentari kegiatan Presiden Jokowi yang satu ini. Ada kawan baik saya, aktivis gerakan mahasiswa bertanya, “Ini siapa yang akan ditinju bang? Bahasa simbol memanah sudah berganti ya bang, dari pertarungan jarak jauh menjadi pertarungan full body contact?”

Ada pula kawan baik lain mencoba mengartikan gestur dan komunikasi non verbal Presiden dengan kalimat dalam status Facebooknya, “Kalau mau bertarung ya dari depan, dong. Jangan menyerang dari belakang, lempar fitnah sembunyi nama…”

Multifasir memang. Ada pula kawan di grup percakapan telepon pintar lain memaknai berbeda.

Pak Jokowi Latihan Tinju….

“Pesan moralnya saya kira, beliau mengatakan:

Saya siap bertarung melawan siapa saja…. Melawan Para Koruptor, Melawan Bandar Narkoba dan Melawan Bla Bla Bla yang lainnya….

Yang paling penting pesan moralnya:

Saya siap bertarung melawan siapa saja di Pilpres 2019

Tapi mari bertarung dengan saya secara sportif…”

Nah, kalau menurut Anda, apa kira-kira pesan yang ingin disampaikan Presiden Jokowi dengan olahraga adu bogem ini?

Seperti ditayangkan di http://tz.ucweb.com/3_2L5pN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *