Sudah Saatnyakah Indonesia Punya Presiden Muda?

Dalam sebuah kesempatan berbicara di hadapan kalangan generasi muda, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko berkata, “Jangan kaget. Mungkin tidak lama lagi usia presiden Indonesia akan jauh lebih muda dari saat ini.”

Tiba-tiba saya teringat tulisan di Harian Kompas, Rabu, 15 Maret 2018 kemarin. Judulnya ‘AHY dan Pemimpin Muda’. Setting ceritanya dari suasana sesaat sebelum Agus Harimuti Yudhoyono menyampaikan pidato politik dalam Rapat Pimpinan Nasional Partai Demokrat di Sentul, Bogor, akhir pekan lalu.

Dikisahkan, sebelum putra sulung mantan presiden Susilo Bambang Yudhyono itu tampil, digambarkan tayangan video yang mampu menggerakkan perhatian dan emosi penonton. Pesannya, AHY adalah pemimpin yang muda, energik, inovatif dab cerdas.

Dalam video itu nampak, AHY -tahun ini berusia 40 tahun- melakukan berbagai aktivitas dan menorehkan aneka prestasi, baik saat bertugas di TNI maupun prestasi secara akademis. Gambar pun diperkuat dengan narasi bahwa AHY dekat dengan rakyat, memahami kebutuhan rakyat dan disebut sebagai harapan untuk membawa Indonesia ke arah lebih baik.

Tapi benarkah usia pemimpin Indonesia akan semakin muda? Dan siapakah dia? Soekarno berusia 44 tahun saat menjadi presiden pertama Indonesia. Soeharto berumur 45 tahun ketika pada 1966 mulai menggeser kekuasaan Soekarno. Habibie menjabat sebagai presiden ketiga dalam usia 62 tahun.

Adapun Gus Dur 59 tahun saat pada 1999 menggantikan Habibie di Sidang Umum Istimewa MPR. Penggantinya, Megawati Sukarnoputri berumur 64 tahun saat menjadi Presiden RI pada 2001-2004. Presiden keenam agak lebih muda, SBY berusia 55 tahun saat memenangkan Pemilu 2004.

Usia pemimpin yang semakin muda tampak saat Jokowi, kelahiran Solo, 21 Juni 1961, berusia 53 tahun kala melepas jabatan Gubernur DKI dan mengalahkan Prabowo Subianto pada Pilpres 2014.

Bandingkan dengan pemimpin-pemimpin muda dunia saat ini.

Emmanuel Macron terpilih menjadi Presiden Perancis tahun lalu pada usia 39 tahun. Di Austria, Sebastian Kurz menjadi kanselir saat usianya masih 31 tahun. Di Kanada, Perdana Menteri Justin Trudeau kini berumur 46 tahun. Trend serupa terjadi di Eropa. Perdana Menteri Luxembourg Xavier Bettel umurnya 45 tahun. Juri Ratas menjadi Perdana Menteri Estonia pada 23 November 2016. Saat itu, dirinya baru berusia 38 tahun. Dan Usia Groysman menginjak 38 tahun saat terpilih sebagai Perdana Menteri Ukraina pada 2016 lalu.

Adapun nun di Selandia Baru, Perdana Menteri Jacinda Ardern saat ini masih berumur 37 tahun.

Jadi sudah siapkah Anda sebagai generasi millenial Indonesia untuk jadi pemimpin muda di 2024, 2029 dan seterusnya?

Sebagaimana ditayangkan di http://tz.ucweb.com/3_3LSBF

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *