Salam Merdeka dari Perbatasan!

Salam 73 Tahun Merdeka dari PLBN Entikong, Kalbar, batas negara dengan Sarawak, Malaysia. Di era Presiden Jokowi, kawasan perbatasan tak lagi dianggap sebagai halaman belakang, tapi jadi beranda depan yang patut dibanggakan. Demi harga diri dan martabat Indonesia sebagai bangsa yang besar!

 

Presiden ke-40 Amerika Serikat Ronald Reagan pernah berkata, “A nation that cannot control its borders is not a nation.”  Dalam hal inilah, Komitmen untuk mengubah paradigma pembangunan perbatasan semakin dipertegas oleh Presiden Jokowi.

Dalam kunjungan kerja ke Provinsi Kalimantan Barat padal 16-18 Maret 2017, Presiden Jokowi menegaskan keinginan untuk mengubah wajah perbatasan dari ‘daerah terluar’ menjadi ‘daerah terdepan’, tepatnya ‘etalase terdepan negara’.

Presiden Jokowi dalam pidato kenegaraan tanggal 16 Agustus 2016 menyebutkan, “Dalam rangka pemantapan kedaulatan, Pemerintah mengedepankan pembangunan daerah-daerah terdepan, daerah-daerah yang menjadi beranda Indonesia. Kita kembangkan daerah seperti Entikong, Natuna, dan Atambua agar dunia melihat bahwa Indonesia adalah negara besar dan setiap jengkal tanah airnya diperhatikan dengan sungguh-sungguh”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *