TIR Nissi Elizabeth: Riset, Riset dan Riset

LiputanĀ Nissi Elizabeth dari match turnamen sepak bola Piala AFF 2018 antara Indonesia vs Timor Leste sebagai tugas akhir mata kuliah Teknik Interview dan Reportase Universitas Multimedia Nusantara 2018/2019 mengambil gaya vox pop. Sudah bagus dan percaya diri.

Menjalankan proses liputan pada 13 November 2018, menggunakakamera Canon 1300D lensa standar, tripod, dan clip on yang terhubung keĀ handphone.

“Saya mengambil angle bagaimana antusias supporter yang mulai berdatangan dengan menggunakan atribut dan jersey timnas. Saya juga mewawancarai beberapa supporter mengenai prediksi skor mereka dan dukungan apa yang mereka berikan untuk timnas,” jelasnya.

Sebelumnya, Nissi melakukan riset mengenai Liga AFF 2018.

“Saya mencari tahu sejak kapan dimulainya dan ada berapa grup. Saya mencari di mana peringkat Indonesia sebelum pertandingan ini dimulai. Saya juga mencari siapa saja yang sudah bertanding dengan Indonesia dan bagaimana skor-nya,” terangnya.

Setelah menemukan data bahwa Indonesia baru saja dikalahkan oleh Singapura, ia pun mencari track record Timor Leste karena pertandingan berikutnya adalah melawan mereka.

“Ternyata dari beberapa sumber yang saya baca, Indonesia memiliki peluang untuk unggul. Saya mencatat semua data yang saya dapatkan untuk dijadikan bahan Voice Over dan naskah Live Report,” urainya.

Inilah keunggulan riset dalam liputan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *