TIR Lenny Astina: Vlog Ceria Berburu Puthinators

Liputan Lenny Asytina dari konser Charlie Puth sebagai tugas akhir mata kuliah Teknik Interview dan Reportase Universitas Multimedia Nusantara 2018/2019. Ngevlog ceria berburu ‘Puthinators’ di ICE BSD.

Lenny memaparkan, dalam liputan kali ini ia menggunakan gaya peliputan yang berbeda yaitu menggunakan Vlog. Liputan Vlog akan menjadi menarik dan segar untuk dilihat oleh para masyarakat Indonesia yang ingin melihat apa saja kejadian yang ada di sekitar acara musik tersebut. Dengan bahasa yang santai tetapi, memberikan informasi kepada masyarakat khususnya kaum muda milenial dan pecinta musik barat.

“Selain itu juga, liputan vlog  ini menjadikan saya semakin percaya diri di depan kamera dengan bahasa yang santai dan narasumber saya juga akan merasa nyaman karena liputan vlog dan pertanyaan saya juga mengenai seputar acara music jika dibandingkan dengan stand up live report yang kelihatannya resmi dan membuat tegang narasumber,” paparnya.

Walaupun menggunakan liputan vlog, kaidah dan aturan tetap jurnalistik dengan sistem 5w+1h. Liputan Vlog yang Lenny bikin ini menyesuaikan dengan tema acara musik barat dengan keadaan milenial dan viewers

Alat dan Angle Peliputan

Dalam pengambilan gambar saya menggunakan kamera Nikon dan tentunya gorillapod.

“Gunanya gorillapod untuk saya memudahkan memegang kamera dan menghindari adanya pengambilan gambar yang buram. Karena saya pakai konsep vlog tentunya menggunakan pengambilan gambar selfie. Dengan pengambilan gambar selfie dan memegang kamera sendiri pasti punya banyak hambatan,” jelasnya.

Lenny mengakui, mencari para narasumber yang akan diwawancarai tidak semudah membalikan telapak tangan ada beberapa yang tidak berniat untuk diwawancarai karena ada yang sudah ingin masuk ke konser, ada yang malu, ada juga yang tidak ingin diwawancarai.

“Akhirnya saya menemukan beberapa narasumber yang unik yaitu Hanny dan Zahra, dari pakaian dan accecoris mereka terlihat lebih sederhana bahkan tidak menunjukkan tanda bahwa mereka Puthinators tetapi, mereka punya tiketnya.,” kata Lenny. Menjadi nilai plus karena mereka bersedia bernyanyi di depan kamera.

Lenny menyatakan, liputan Vlog konser Charlie Puth ‘Voicenotes Live In Indonesia’ dapat menjadi pengalam pertama dan meningkatkan perkembangan dalam mewawancarai orang serta alat dan teknis yang dilakukan lebih lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *