Selamat Mudik, Tol Trans Sumatera Pun Siap!

Mudik adalah tradisi. Momen kebudayaan. Tak hanya soal ritual agama. Kultur ‘pergerakan massa besar-besaran ke daerah’ ini paling massif terjadi di Indonesia, melebihi tradisi serupa saat Imlek di Tiongkok ataupun berpulang demi kalkun a la Thaksgiving-nya Amrik.Bagi yang mau mudik, tak hanya ke Jawa, Tol Trans Sumatera pun sudah disiapkan pemerintah.

Lebaran 2019 inilah kali pertama Jalan Tol Trans Sumatera terhubung dari Lampung hingga Sumatera Selatan, melalui ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung-Palembang. Meski untuk sebagian ruasnya masih berupa jalan tol fungsional.

Dengan terwujudnya Jalan Tol Trans Sumatera, jarak dari Lampung menuju Palembang yang dulu ditempuh antara 10 hingga 12 jam melalui Jalan Raya Lintas Timur Sumatera kini terpangkas menjadi 5 sampai 6 jam saja melalui jalur tol.  

Di jalur inilah terdapat ruas Bakauheni-Terbanggi Besar membentang sepanjang 140,7 kilometer dari Lampung Selatan hingga Lampung Tengah sebagai ruas tol terpanjang yang ada di Indonesia. Sebelumnya, ‘rekor’ ruas tol terpanjang yang pernah diresmikan Presiden Jokowi yakni Tol Cikopo-Palimanan sepanjang 116 kilometer.

Jalur mudik Sumatera via angkutan darat juga menarik karena ada Dermaga Eksekutif baik di sisi Pelabuhan Merak – Banten, maupun Bakauheni – Lampung.

Pada 2018, jumlah pemudik pada kondisi puncak Lebaran (H+3) di penyeberangan yang menghubungkan Pulau Jawa dan Sumatera ini mencapai 144.647 Orang, melayani 17.205 kendaraan roda empat dan 14.249 kendaraan roda dua.

Dermaga eksekutif ini lebih menyerupai sebuah mal atau pusat perbelanjaan daripada terminal atau lokasi penyeberangan. Apalagi di sini juga bakal dibangun hotel megah. Sungguh tak kalah bila dibandingkan prasarana serupa di luar negeri.

Selamat Mudik, mari berhappy-happy di jalan, bersenang-senang di tujuan dan kembali semangat di tempat kerja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *