Hari Terakhir Team Building di Tapanuli: Kenali Diri Kita, Kenali Tim Kita

Cerita hari terakhir menjadi co-fasilitator dalam acara Outbond alias ‘Team Building’ sebuah perusahaan tambang di Sumatera Utara di dinginnya Aek Sabaon Sibio-bio, sebuah lokasi wisata baru primadona Tapanuli Selatan.
Bersama Cahyo Suryanto, fasilitator utama sekaligus pendiri Grahatma Semesta, lembaga konsultan komunikasi dan pelatihan asal Yogyakarta, game demi game terus berlangsung.

Setiap permainan memiliki makna tersendiri. Dari ‘Logistic Transfer’ yang mengedepankan pentingnya pemanfaatan sumber daya di tengah anggota kelompok dengan keterbatasan tertentu, memindahkan bola pingpong dan air dalam gelas air mineral pada rantai lingkaran, mengoper tepung, sampai membangun rakit untuk menyeberang pulau demi mendirikan panji organisasi bermakna tertentu.
 
Beberapa sesi berlangsung mengharukan. Tak jarang air mata keluar saat anggota tim berpelukan dan saling meminta maaf maupun memberi semangat. Tak terkecuali, kala sesi makan siang dibuat berbeda.
 
“Kali ini cobalah saling melayani. Pilih satu partner yang pernah Anda sakiti atau mungkin menyakiti Anda. Ambil piring dan hidangkan nasi beserta lauk terbaik yang dia sukai,” kata Cahyo.
 
Awalnya saling malu, namun sesi makan siang ini pun berlangsung begitu sangat menyentuh.
 
Di hari terakhir acara, setiap peserta menyampaikan kesannya, sebelum Team Building ditutup dengan pembagian doorprize, tukar kado, dan goyang dangdut rame-rame.
 
Lengkaplah kenangan tiga hari Team Building Community Relations dan Community Development PT. Agincourt Resources, Martabe Gold Project, Tapanuli (PTAR), persis seperti disarikan dalam pantun gubahan sang senior manajer Pramana Triwahjudi,
 
“Buah durian aromanya wangi…
Jika dimakan legit rasanya…
Tim kami impian karena cita-citanya tinggi…
Menembus langit dan terang cahayanya…”
 
Jadi, kapan perusahaan atau institusi Anda mereferesh diri dari kejenuhan kerja untuk beroutbond bersama membangun kekompakan tim lewat permainan-permainan nan penuh arti?
 
Jangan lupa undang tim kami sebagai fasilitatornya… Hahahahahahaa…
 
Salam komunikasi, sukses luar biasa, dari Tapanuli Selatan…
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *