Wisata alam di Kandank Jurank

Suasana Kandank Jurank di Ciputat. Tepat untuk menanamkan keberanian bagi anak.

Ini alternatif lain tempat wisata alam di sekitar Jakarta, layak sebagai tempat menyegarkan diri sejenak bersama keluarga, di tengah rutinitas kota nan padat dan bising. Terletak di Desa Kampung Sawah, Ciputat, Tangerang Selatan, inilah Komunitas Kreatif “Kandank Jurank”, wisata bermain dan belajar.

Di dalam area “Kandank Jurank”, terdapat beberapa pilihan wahana bermain.  Outbound misalnya, pengunjung dapat bermain flying fox, tangga monyet, menggapai tali atau meniti jembatan ranting. Ada juga “wisata pematang sawah” menawarkan paket menanam padi, menangkap ikan, dan memandikan kerbau.

Selain berwisata, pada akhir pekan “Kandank Jurank” ramai dengan aktivitas seni dan budaya seperti melukis dan teater. “Hampir setiap hari Minggu saya mengajak anak saya belajar teater di sini,” kata Sania, seorang ibu asal Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Pedati sapi asli pun ada. Mengenalkan anak pada suasana "ndeso".

“Kandank Jurank” digagas, dimiliki, dan dikelola oleh ‘Dik Doank’, presenter, penyanyi, dan desainer yang memiliki kepedulian tinggi terhadap anak. Pria 42 tahun bernama lengkap Raden Rizki Mulyawan ini punya alasan tersendiri mengapa mendirikan ‘Kandank Jurank’ sebagai fasilitas bermain seluas 2.000 m2 bagi anak-anak.

Bercengkerama di rumah Jawa. Memori anak akan melekat lebih kuat.

“Bagi saya anak-anak adalah penentu arah perjalanan bangsa. Mereka adalah embrio, cikal-bakal, bibit-tunas, kemana mata anak panah bangsa ini akan melesat sangat tergantung kepada mereka. Jadi kepada merekalah kita menitipkan bangsa ini,” kata Dik Doank, yang rumah tinggalnya persis berada di depan ‘Kandank Jurank’. Lulusan Institut Kesenian Jakarta yang dikenal sebagai salah satu juri acara ‘Aksi Anak Bangsa’ di RCTI ini memiliki tiga anak bernama Ratta Billa Baggi, Geddi Jaddi Membummi, dan Putti Kayya Hatti Imanni.

Anak-anak memiliki memori kuat dalam alam pikirnya. Jadi, daripada dicekoki dengan nuansa kemewahan yang kerap mengajarnya egois, sebaiknya mereka ditanamkan lokasi belajar yang dapat mengenal alam serta mengasah kepercayaan dirinya. Setuju?

One Reply to “Wisata alam di Kandank Jurank”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *