I am Legend

Robert Neville, seorang ilmuwan cerdas berprofesi sebagai ahli virus, menjadi orang terakhir yang mampu bertahan hidup di dunia, setelah serangan penyakit amat mematikan. Dalam sunyi, ia lalu berkeling kota New York dengan berjalan kaki sembari berteriak, “Is anyone out there? Please….”

Itulah cukilan film ‘I Am Legend’ yang diperankan apik oleh Will Smith pada 2007 silam.

Awal Oktober 2018, suasana tak kalah nestapa terlukis di Sulawesi Tengah. Dua kali dalam empat hari,  Presiden Jokowi menyusuri puing-puing bencana gempa bumi yang datang berlipat bersama tsunami dan likuifaksi.

Menapakkan langkah satu demi satu, Jokowi berjalan mendatangi Bandara Mutiara Sis Al-Jufri, Pantai Talise, Perumnas Balaroa, Petobo, Hotel Roa-Roa, Rumah Sakit Wirabuana, Rumah Sakit Undata, Lapangan Vatulemo, hingga sampai pula ke Donggala.

Di depan Hotel Roa-Roa, seorang bocah  bernama Izrael mendekat masuk mengikuti Sang Presiden. Ibunya sudah tiada. Ayahnya dirawat di rumah sakit.

Jokowi memberikan satu per satu makanan ringan di kursi depan mobil. Sang anak pun ditawarinya untuk mengambil apa yang ia inginkan.

“Mau yang mana lagi? Apa lagi?” tanya Jokowi kepada Izrael.

Sembari mendekap kue-kue dari Pak Presiden, lelaki kecil itu bertanya polos, “Boleh ikut atau tidak?”

Jokowi menepuk-nepuk dan mengelus punggung sang anak, lalu menjawab, “Tunggu di rumah aja, nanti besok sekolah. Belajar ya, yang pinter ya.”

Izrael menjelaskan, ia tak bisa sekolah. “Kita sekolah rusak,” ujarnya dengan suara sedih pada Jokowi. Sang Presiden pun berjanji, “Iya, nanti sekolahnya diperbaiki.”

Dalam adegan film ‘I am Legend’, Neville berucap, “This is Ground Zero. This is my site. I can fix. I can fix this.”

Di Sulawesi Tengah, Jokowi datang ke titik nol. Di tengah reruntuhan yang didatanginya langsung, ia menyediakan diri untuk mendengar, menumbuhkan optimisme dan energi positif, serta memberi semangat, mengajak semua untuk bangkit dari duka.

“Semoga semua tetap sabar dan tawakal dalam menghadapi cobaan. Kita tidak sendirian menghadapi masa-masa sulit ini,” ungkapnya.

He Is Legend

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *