TIR Charles Devon: No Smoking In The Stadium

Liputan Devon dari match turnamen sepak bola Piala AFF 2018 antara Indonesia vs Timor Leste sebagai tugas akhir mata kuliah Teknik Interview dan Reportase Universitas Multimedia Nusantara 2018/2019 mengambil angle lain: terganggunya kenyamanan penonton saat ada yang merokok di Stadion Gelora Bung Karno.

Devon berkisah, awalnya ingin mengambil angle tentang pelanggaran yaitu membuang sampah sembarangan di sekitar stadion tetapi rasanya kurang spesial dan biasa aja, terkesan dibuat-buat.

“Saya memberanikan diri membawa kamera ke dalam stadion. Saat diperiksa, saya berusaha mengalihkan perhatian dengan mengajak bicara petugas dan menghilangkan fokus saat dia memeriksa tas saya. Akhirnya bisa masuk membawa kamera dan membuat liputan di dalam stadion,” ungkapnya. Cerdas juga, hehehe…

Devon menutukan, video diambil menggunakan kamera mirrorless Sony a6000 dengan lensa kit 16-50mm.

“Kamera dipegang oleh teman saya sesuai dengan arahan saya, lalu saya mencoba melaporkan mengenai pelanggaran aturan yakni merokok dan mengajak salah seorang suporter untuk menjadi narasumber terkait topik,” jelasnya.

Devon mengaku ini pengalaman yang sangat seru karena ini kali pertama datang menonton pertandingan sepakbola secara langsung di stadion besar. Mendebarkan juga rasanya berhadapan dengan pihak keamanan dan berusaha memasukkan kamera ke dalam GBK.

“Selain itu, pengalaman liputan bersama teman-teman juga tentunya sangat berkesan untuk saya secara pribadi. Lumayan sekalian hunting foto,” terangnya.

Satu kelemahan dari angle menarik ini adalah: kenapa tidak memberanikan mewawancarai perokok yang dinilai mengganggu itu?

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *