Masih Ada Mangunan Menyelamatkan Jogja

Jogjakarta masih indah. Itu setidaknya jika kita mau menempuh perjalanan barang sejam ke timur, menuju kawasan hutan pinus di Dlingo, Mangunan, Imogiri, Kabupaten Bantul, melewati komplek makam raja-raja di Imogiri.

Di ketinggian sekitar 500 meter di atas permukaan laut ini, Anda bisa bebas mengarahkan pandangan bebas ke bawah. Tak salah, kawasan ini disebut sebagai lokasi ‘Negeri di atas Awannya’ Yogyakarta, tak kalah dengan karakteristik unggulan wisata khas serupa di Toraja maupun Wonosobo.

Sebagai daerah wisata yang relatif baru, kawasan Mangunan punya banyak spot. Dari Pintu Langit dan Lintang Sewu di bagian bawah, lanjut ke Jurang Tembelan, Songgo Langit, Kebun Buah, Watu Goyang, Rumah Hobbit, Goa Gajah, hingga Puncak Becici di atas. Masing-masing lokasi hanya berjarak puluhan hingga ratusan meter, diisi dengan aneka tempat menarik untuk foto ‘selfie’ sebagai daya tarik wisata kekinian.

Di tiap lokasi, warga setempat membuat berbagai instalasi yang layak dijadikan lokasi foto nan ‘instagramable’, dari bentuk pintu yang langsung menuju ke alam bebas, cermin ajaib memandang perbukitan, kapal titanic dan pesawat tempur mini, hingga dekorasi-dekorasi indah lain.

September 2018 lalu, Presiden Jokowi berkesempatan hadir di Mangunan membuka Festival Kesatuan Pengelola Hutan Tingkat Nasional. Meski baru kali pertama datang ke sini, Jokowi merasa tak asing dengan Hutan Pinus Mangunan Bantul. Sebab, dia sering melihat dokumentasi Hutan Pinus Mangunan di instagram.

“Saya bisanya lihat di instagram. Karena memang hutan ini adalah instagramable, yang senang biasanya anak-anak muda. Biasanya anak-anak muda ke sini hanya ngambil foto … crik-crik, kemudian diunggah di Instagram atau di Facebook, Twitter, atau membuat video di Youtube,” kata Jokowi.

Mainlah ke Mangunan, maka Anda akan melihat Jogja yang terselamatkan wajah lingkungannya. Tak hanya menjamur dengan hutan mal maupun belantara papan reklame ukuran raksasa.

Naik Jip susur kali, masuk ke perkampungan, sesungguhnya jauh lebih keren daripada naik turun eskalator di Hartono Mall, Jogja City Mall, Ambarrukmo Plaza, Malioboro Mall, Lipo Plaza, Sahid J-Walk Mall, atau Sleman City Hall.

Mari bergembira di alam bebas!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *