Shopee Liga 1 2020 Resmi Diluncurkan

Kompetisi Shopee Liga 1 2020 mulai bergulir pada 29 Februari mendatang. Untuk itu, PSSI melalui PT Liga Indonesia Baru (LIB) menggelar launching dan peluncuran Shopee Liga 1 2020 di Hotel Fairmont, Senin (24/2) sore.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan berharap bahwa kick off Shopee Liga 1 2020 berjalan lancar dan sesuai yang diinginkan. Apalagi kick off Liga 1 pada tahun ini lebih cepat dari tahun-tahun sebelumnya.“Sesuai pesan dari Presiden Jokowi, beliau bilang bahwa pertama Timnas Indonesia harus bunyi atau mendunia. Itu yang kami sedang kerjakan. Kedua beliau memerintahkan kompetisi yang baik, aman, bagus dan enak ditonton. Tentunya kami berkomitmen untuk melakukannya dengan baik,” kata Mochamad Iriawan.

“Sepak bola Indonesia telah berkembang sebagai industri dan memiliki pasar yang sangat besar. Liga profesional sudah berjalan dengan baik. Sepak bola sudah menjadi tontonan yang menarik. Hal itu dibuktikan dengan meningkatnya jumlah penonton dan viewers di televisi dan tayangan digital. Selamat untuk segera bergulirnya Shopee Liga 1 2020,” tambah Iriawan.

Pada launching dan peluncuran yang cukup meriah tersebut juga diadakan jumpa pers, juga digelar parade jersey ke-18 klub peserta, games dan perkenalan bola yang akan dipakai untuk bertanding. Kick off Shopee Liga 1 2020 akan ditandai dengan laga Persebaya menjamu Persik Kediri.

Kompetisi Shopee Liga 1 2020 akan diikuti 18 klub. Tiga klub berstatuskan sebagai tim promosi. Ketiganya adalah Persita Tangerang, Persik Kediri, dan Persiraja Banda Aceh.

Klub peserta kompetisi telah mewakili hegemoni dari sepak bola Indonesia secara keseluruhan. Mulai dari dari Aceh, Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang, Banjarmasin, Samarinda, Yogyakarta, Bali hingga Jayapura.

Ada 306 pertandingan yang akan digulirkan selama semusim. Sebagian besar akan bertanding pada weekend atau akhir pekan. Kick off semua pertandingan dimulai pada 15:30 WIB dan 18:30 WIB. Khusus saat Ramadan 1441 H, tayang setiap hari pukul 20:30 WIB.

Menariknya, masa kompetisi Shopee Liga 1 2020 akan memiliki masa recovery time yang lebih ideal, sebab digulirkan selama delapan bulan. Tepatnya mulai pada 29 Februari 2020 hingga 1 November 2020.

Selain itu, wasit akan menggunakan teknologi tambahan. Di antaranya alat komunikasi wasit, vanishing spray, dan media komunikasi pergantian pemain yang sudah menggunakan papan elektronik.

“Persiapan kami sudah maksimal dan bersiap untuk launching. Kami akan mengelola Liga 1 2020 dengan lebih profesional dan berkualitas. Kami sudah mendapatkan rekomendasi dari Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) dan juga sudah rapat berkoordinasi dengan pihak kepolisian. Mudah-mudahan, langkah ini bisa membuat sepak bola nasional lebih maju,” kata Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru, Cucu Somantri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *