PSSI Apresiasi Komitmen dan Dukungan KONI Untuk Sepak bola Indonesia

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan berterima kasih dan memberikan apresiasi atas dukungan serta komitmen penuh Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Marciano Norman untuk memajukan persepakbolaan Indonesia.

“Sebagai salah satu anak cabang olah raga di bawah KONI, kami siap bekerja keras mewujudkan harapan pemerintah dan masyarakat untuk memberikan prestasi terbaik pada dunia sepak bola kita,” kata Iriawan.
Pernyataan itu disampaikan pria yang akrab dipanggil ‘Iwan Bule’ usai menerima kedatangan jajaran pengurus KONI yang berkunjung ke kantor PSSI di Menara Olahraga Senayan, Selasa, 16 Juni 2020.

Dalam pertemuan ini, Ketua Umum KONI memberikan dukungan penuh kepada Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan untuk mengelola persepakbolaan Indonesia menuju prestasi tingkat dunia.

“Kepercayaan publik harus direbut. Pertama lewat tata kelola organisasi sepak bola Indonesia lebih baik, dan berikutnya lewat prestasi tim nasional,” kata Marciano Norman.

Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) ini menekankan harapan masyarakat Indonesia yang rindu melihat prestasi timnas sepak bola Indonesia dapat berkibar seperti negara-negara lain.

“Saat kita mengikuti kejuaraan multievent seperti SEA Games, Asian Games sampai Olimpiade, kurang lengkap rasanya kalau cabang-cabang lain mendapat medali emas, tapi prestasi serupa belum datang dari sepak bola. Kebanggannya belum lengkap,” jelasnya.

Purnawirawan jenderal bintang tiga TNI AD itu juga menyatakan dukungannya pada PSSI dan PT Liga Indonesia Baru untuk kembali menggulirkan kompetisi liga pada September atau Oktober mendatang.

“Saya paham, di masa Pandemi Covid-19 ini, PSSI merupakan salah satu induk cabang olahraga yang merasakan pukulan paling berat. Kebangkitan kompetisi sepak bola akan menjadi sinyal kebangkitan Indonesia di masa pandemi ini,” tegas Marciano.

Mantan Danpaspamres di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini menyatakan, kalau Bundesliga, La Liga dan Liga Inggris bisa kembali memutar kompetisi sepakbola masing-masing, maka, dengan memperhatikan daerah yang sudah dinyatakan sebagai zona hijau Covid-19, Indonesia diyakini bisa kembali mengaktifkan Liga 1 hingga Liga 3.

“Dengan dikendorkannya PSBB, masuk ke masa transisi, berputarnya aktivitas olahraga memberikan satu nafas pada sebuah kelompok besar. Karena yang ikut kegiatan sepak bola ini kan banyak rangkaiannya,” ungkap Marciano sembari menyatakan visinya membangun industri olahraga di Indonesia.

“Olahraga di Indonesia harus jadi industri. Sepak bola tentu sudah masuk ke area sport industry, tapi 63 cabang lain yang bernaung di bawah KONI juga harus diarahkan ke sana,” ungkap mantan Pangdam Jaya ini.

Pada kesempatan itu, Marciano menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya pada pengurus PSSI, yang di masa Pandemi Covid-19 hampir setiap hari menggelar komunikasi secara virtual.

“Dalam situasi seperti ini, kita memetik hikmah bahwa komunikasi dan soliditas organisasi menjadi lebih kuat,” katanya.

Ketua Umum KONI pun menyatakan dukungannya agar PSSI meraih sukses gelaran Piala Dunia U-20 2021, baik sukses penyelenggaraan maupun sukses secara prestasi.

“Kita merasa terhormat, Indonesia bisa mendapat kepercayaan menyelenggarakan Piala Dunia U-20 2021. Jangan sia-siakan kesempatan berharga ini,” pungkas Marciano.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *