Memimpin Jumpa Pers Suksesnya Mudik Lebaran 2019

Apakah manajemen pelaksanaan Mudik Lebaran 2019 lebih baik dari 2018 dan sebelumnya

Relatif menjawabnya. Tentu jika dilihat dari terselesaikannya ruas tol Trans Jawa dan beroperasinya Trans Sumatera secara fungsional maka kesuksesan itu adalah nyata. Pergerakan pengguna angkutan darat lebih padat, namun terurai cepat, terutama karena kebijakan ‘one way’ dan ‘contra flow’ yang dengan sigap dijalankan rekan-rekan Kepolisian, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum dan para pemangku kepentingan lainnya.

Catatan ‘bottleneck’ di KM 70 hingga 40-an saat arus balik tentu menjadi note tersendiri. Tentu semuanya menjadi evaluasi untuk terus diperbaiki ke depan. Apalagi kalau, Insyaallah, Tuhan mengizinkan, jalan layang susun Cikampek dapat digunakan pada libur Lebaran tahun depan.

Jadi, sungguh terhormat bisa memoderatori Jumpa Pers ‘Evaluasi Arus Mudik dan Balik Lebaran 2019’ bersama Deputi I Kepala Staf Kepresidenan, Dirjen Perhubungan Darat, Dirjen Perkeretaapian, Ditjen Perhubungan Laut dan juga Korlantas Mabes Polri.

Apresiasi untuk para ‘unsung heroes’, para petugas yang tak pernah libur di hari raya, yang kadang keselamatannya seolah nomor dua saat menata cone di buka tutup ‘contra flow’, dan juga abdi-abdi masyarakat lainnya.

Sampai jumpa di libur Nataru dan Lebaran berikutnya. Bersama kita lebih baik jadi Indonesia unggul!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *