Jalan-jalan: Ada ‘Menara Eiffel’ di Gorontalo

Ibarat belum sah ke Prancis kalau belum menyentuh tiang Eiffel, jangan mengaku ke Gorontalo kalau belum mampir ke Menara Keagungan Limboto yang terletak di tengah kota Limboto, Kabupaten Gorontalo. Menara yang didesain mirip dengan Menara Eiffel di Paris ini dibangun pada 2001 silam oleh Bupati Kabupaten Gorontalo, Ahmad Pakaya.

Menara yang juga disebut sebagai ‘Pakaya Tower’ ini setinggi 65 meter dan lebar 21 meter, memiliki lima lantai. Dari lantai kelima pengunjung dapat menikmati pemandangan Kabupaten Gorontalo dari ketinggian. Untuk sampai ke puncak menara, pengunjung harus melewai ratusan anak tangga, pasalnya fasilitas lift di menara tersebut, hanya mampu mencapai lantai ketiga.

Menara Keagungan ini selalu menjadi objek wisata berfoto bagi para wisatawan yang berkunjung ke Gorontalo. Tentu saja, karena menara ini memiliki daya tarik tersendiri untuk wisatawan lokal dan mancanegara.

Dari atas menara, pegunjung dapat menelusuri tiga lantai yang tersedia, sambil menikmati pemandangan alam Gorontalo dan juga Danau Limboto dari puncak ketinggian 65 meter. Di lantai pertama tersedia pula auditorium untuk pertunjukan dan meeting.

Awalnya, pengunjung dikenai tiket masuk Rp 10.000 untuk dewasa, dan Rp 5.000 untuk anak-anak. Tapi, kini kondisi terbengkalai. Menara Keagungan membuat aturan tiket tak berlaku.

Ya, kondisi menara saat ini sangat menyedihkan. Dinding dan plafon menara saat ini mulai rusak, serta banyaknya debu dan kotoran burung walet di setiap lantai menara membuat bagian dalam menara tersebut terlihat jorok bagaikan gedung tua.

“Kami bangga dengan Menara Keagungan ini. Sayang, kini kondisinya amat memprihatinkan,” kata Novriansyah, pengemudi yang mengantar kami keliling provinsi berjuluk ‘Serambi Madinah’ itu.

“Setiap pagi dan sore menjadi tempat bermainnya burung walet, mungkin burung-burung itu mengira bahwa ini bangunan tua,” tambahnya.

Rencananya tahun depan, menara ini akan diperbaiki oleh pemerintah daerah Kabupaten Gorontalo.

Semoga, Menara Keagungan Limboto bisa kembali agung seperti namanya. Jadi ikon kebangaan Provinsi Gorontalo. ditayangkan di

https://jokowidodo.app/post/detail/jalan-jalan-ada-menara-eiffel-di-gorontalo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *