Check In: TTE, Ternate, Bumi Kie Raha

Bersyukur sekali bisa menginjakkan kaki di TTE, kode penerbangan dari Bandara Sultan Babullah. Inilah kota terbesar, terpadat dan teramai di Maluku Utara. Salah satu provinsi termuda hasil pemekaran dari Maluku itu kini beribukota Sofifi, yang ada di pulau lebih besar: Halmahera.

Sebelumnya, saat provinsi Maluku Utara resmi terbentuk pada 4 Oktober 1999, melalui UU Nomor 46 Tahun 1999, Ternate menjadi ibukota pada masa transisi. Namun, 11 tahun kemudian, Maluku Utara resmi beribukota di Sofifi.

Ternate amat indah. Ada di kaki Gunung Gamalama. Dari kota berbentuk 230 ribu jiwa ini kita bisa berfoto berlatar dua gunung yang ada di gambar pecahan seribuan lama. Itulah gunung di Pulau Tidore dan Pulau Maitara.

Provinsi ini punya julukan Moluku kie raha atau Maluku kie raha merupakan semboyan atau sebutan bagi Maluku yang memiliki empat gunung yaitu gunung di Ternate, Tidore, Makian dan Moti. Selain itu, kie raha merujuk pada kepulauan Maluku yang memiliki empat kerajaan besar yang sekaligus menjadi pilar penting jalannya pemerintahan kerajaan di Maluku, empat kerajaan tersebut adalah Ternate, Tidore, Jailolo dan Bacan.

Maluku sejak zaman dahulu menjadi pusat perdagangan rempah-rempah yang sangat penting di Nusantara. Perkembangan Maluku sangat terpengaruh oleh para pedagang yang datang menukarkan barang dagangan mereka dengan cengkeh dan berbagai rempah-rempah hasil bumi Maluku. Perdagangan terhadap cengkeh menarik perhatian para pendatang baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Ternate pun pernah punya tim sepak bola besar di Liga Indonesia yakni Persiter Ternate bermarkas di Stadion Kie Raha. Sempat mampir ke stadion ini, saya kirim ucapan ke Jackson Tiago, sahabat baik yang pernah membesut Persiter Ternate.

Saya kirim pesan:

“Salam dari Stadion Kie Raha Ternate sore ini. Masyarakat Ternate selalu kagum dan berterimakasih pada karya Bigman bersama Persiter.”

Jawaban Jacko, sang Bigman yang mengantarkan Rahmat Rivai dkk menjadi tim Tangguh di masanya, rupanya masih mengingat baik kenangan 13 tahun silam itu.

“Wah!!!

Tempat itu punya tempat khusus di hatiku.

Pantai dan ikan sangat luar biasa.

Coba makan ikan fufu dan air guraka.

Rasanya nikmat Betul sahabatku…”

Salam juga dari Sulamadaha, salah satu pantai keren di Ternate dengan air sebening kaca…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *