Kuliner Jabar: Sate Maranggi Haji Yetty

Lewat dekat Purwakarta, beloklah sebentar ke Sate Maranggi nan fenomenal.

Dari arah Bandara Kertajati, kami sengaja belok sebentar ke Tol Cipularang, mengarah ke Sate Maranggi Haji Yetty. Letaknya di ruas jalan utama Purwakarta-Cikampek, di Kecamatan Bungursari, Purwakarta, tak jauh dari pintu tol. Siang itu, cukuplah transit dengan beberapa tusuk sate kambing dan ayam nan khas. Saya pesan kombinasi saja. Lima ekor sate kambing dan lima ekor sate ayam. Sembari menunggu main course datang, hilir mudik pegawai menggoda dengan menu lain. Dari tahu, es kelapa muda, mendoan, dan lain-lain.

Sate Maranggi merupakan makanan asli Sunda, khususnya kebangaan Purwakarta dan Cianjur. Istilah maranggi sendiri dalam bahasa Sunda merupakan istilah petukangan, yakni “seorang ahli pembuat sarung keris”.  Sate maranggi khas Purwakarta memiliki 2 varian daging yang yakni daging sapi dan kambing, Sate disajikan dengan acar sambal tomat, sambal oncom, ketan bakar atau nasi timbel.

Liputan 6 menulis, Haji Yetty kini berusia 54 tahun, bermula ketika Hj. Yetty sudah berumah tangga dan memiliki 2 orang anak yang masih kecil-kecil, namun dia ingin memiliki usaha sendiri.

Maka dipilihlah usaha rumah makan Sate Maranggi. Pada saat itu, modal awal berusaha hanya Rp 200 ribu yang digunakan untuk membeli bahan baku 2 kilo daging. Seiring berjalannya waktu, penjualannya semakin meningkat.

“Dari tahun 1990. Karena keterpaksaan tidak punya kerjaan, saya waktu itu sudah berumah tangga dan punya anak dua masih kecil-kecil, jadi tidak mau buat usaha sate. Modalnya itu 2 kilo daging sekitar Rp 200 ribu, dan mulai bertambah terus hingga sekarang berjalan usaha 30 tahun,” kata Yetty,

 Menu andalannya tidak hanya Sate Maranggi, juga tersedia beragam sajian sate, mulai dari sate daging sapi, kambing atau domba, hingga ayam. Bahkan disana juga tersedia menu lain seperti es kelapa dan lainnya.

Di rumah makan itu, sate marangginya dipatok dengan harga Rp 5 ribu per tusuk. Namun, setiap porsinya dihargai Rp 50 ribu sebanyak 10 tusuk sate beserta bumbu kacang dan kecap, serta sambal tomat khas Cibungur.

.

Leave a Reply

Your email address will not be published.