Bedah Feature: Membuat Cerita Kuliner Hingga Liur Tertetes

Butuh trick tertentu membuat feature tentang makanan. Show, don’t tell!

Kali ini kita bahas feature kuliner bertajuk ‘Gurame Rujak’ yang juga sudah tayang di Kompas TV. Karya jurnalis televisi Ari Himawan Sarono dari Tegal inipanjangnya tak sampai 2 menit, tapi dalam paket itu tergambar semua visual dan cerita yang diperlukan. Ada SOT/soundbyte wawancara pemilik rumah makan di jalur utama Pantai Utara, juga testimoni pelanggan.

Sama seperti feature Sepaket Ikan Nelayan Aceh, liputan ini memperoleh apresiasi tinggi mahasiswa saat saya putar di kelas Feature Media Siar Universitas Multimedia Nusantara (UMN).

Yang membuat unsur ‘proses’ terlihat, yakni ada visual mulai mengambil ikan di kolam, membumbui, dan menggorengnya sampai kecoklatan. Keselaran naskah dan visual tampak pula saat menyebut nanas dan mangga sebagai pelengkap makanan, juga terlihat dua buah segar itu.

Tentu saja, hadirnya narator Riko Anggara sebagai storyteller memberi warna tersendiri pada feature ini. Singkatnya, show, don’t tell, biarlah pemirsa sendiri yang meneteskan air liur, tanpa harus reporter maupun pembaca voice over­-nya menyatakan, “enaaaak…”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *