Pilih Mana, Prabowo Capres di Senayan, atau Moeldoko Terima Buruh di Istana?

Ini perayaan Hari Buruh atau May Day yang unik. Di Istora Senayan, para buruh di bawah komando Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia arahan Said Iqbal mendeklarasikan Prabowo Subianto sebagai Calon Presiden Indonesia 2019. Lengkap dengan paket permintaan Said Iqbal sebagai Menteri Tenaga Kerja jika Prabowo terpilih sebagai presiden.

Sementara itu, di komplek Istana Kepresidenan, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri didampingi oleh Deputi IV Kepala Staf Kepresidenan Eko Sulistyo menerima para buruh yang mewakili berbagai elemen dan organisasi buruh dan pekerja yang merayakan Hari Buruh atau May Day, 1 Mei 2018, di Gedung Bina Graha, Kompleks Istana Kepresidenan Republik Indonesia.

Di Bina Graha, Moeldoko dan Hanif Dhakiri menerima perwakilan organisasi buruh, antara lain Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) yang dipimpin oleh Presiden KSBSI Mudhofir Khamid dan KSPSI yang dipimpin Almansyur DD dan Hermanto. Kedua pembantu Presiden Jokowi tersebut menyatakan selamat merayakan Hari Buruh.

Pada kesempatan itu, Mudhofir mengatakan, pihaknya melihat tidak ada yang salah dari Perpres No 20/2018. “Itu melindungi tenaga kerja Indonesia. Hanya saja, waktunya tidak tepat karena bersamaan dengan tahun politik” ujarnya. Perpres itu kemudian menimbulkan persepsi yang berbeda-beda dan dimanfaatkan oleh berbagai kelompok. Sementara Hermanto meminta supaya Pemerintah mengeluarkan aturan yang pro buruh.

Moeldoko menjelaskan bahwa kebijakan pembangunan yang dijalankan Pemerintah berfokus untuk pembangunan sumber daya manusia, termasuk pekerja.

Terkait dengan Perpres TKA, Moeldoko berpesan, “Jangan bilang konon, saya dengar… Tolong dibaca dengan baik Perpres itu. Spiritnya melindungi pekerja Indonesia.”

Moeldoko pada akhir pertemuan tersebut menegaskan, “Pemerintah bersama buruh. Itu komitmen kita!”

Jadi, buruh mau yang mana? Yang sudah pasti, atau yang masih akan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *