TIR Reinaldo Ortensio: Dengan Iringan Meraih Bintang

LiputanĀ  Reinaldo Ortensio dari match turnamen sepak bola Piala AFF 2018 antara Indonesia vs Timor Leste sebagai tugas akhir mata kuliah Teknik Interview dan Reportase Universitas Multimedia Nusantara 2018/2019 menghadirkan kekhasan sendiri dengan iringan lagu resmi Asian Games 2018 yakni ‘Meraih Bintang’.

Sudah keren footage, CG dan musik latarnya. Juga pemilihan dua narasumber untuk diwawancarai. Tinggal bagaimana menghilangkan problem-problem kecil, Seperti sebaiknya jangan menyebut ‘mas’ saat menyapa narasumber. Ini penting demi prinsip kesejajaran antara narasumber dan reporter yang ada di posisi serupa. Sebaiknya langsung sapa ‘Anda’ atau namanya.

Rei berkisah, peliputan untuk memenuhi UAS ini saya mengambil acara pertandingan Piala AFF 2018 antara Indonesia vs Timor Leste, dalam pengambilan gambar untuk peliputan dan juga footage menggunakan kamera DSLR 600D, dan untuk audio menggunakan clip on.

“Dalam peliputan ini saya mengambil konsep tentang antusiasme penonton yang hadir ke stadion guna menonton timnas Indonesia yang baru saja kalah di pertandingan pertama melawan timnas Singapura dan juga menanyakan tentang harapan suporter terhadap timnas Indonesia di Piala AFF kali ini.,” kenangnya.

Untuk proses pembuatan peliputan ini berjalan dengan lancar, lokasi peliputan juga kondusif menjadi memudahkan dalam hal pengambilan gambar dan suara.

“Kendala yang dihadapi seperti pada awal sebelum melakukan peliputan tidak mengetahui bahwa tidak diperbolehkan untuk membawa kamera ke dalam stadion, jadi tidak dapat mengambil footage dari dalam stadion. Dan juga jawaban dari narasumber yang tidak menjawab maksud dari pertanyaan yang ditanyakan,” urainya.

Rei mengungkap solusi, cara menghadapinya untuk hal kamera, pengambilan footage dilakukan di luar area stadion seperti antrian, orang berfoto, serta keramaian penonton di luar stadion. Untuk narasumber cara mengatasinya dengan memberikan pertanyaan lain yang lebih mudah dipahami oleh mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *