Viral Foto Akibat Manahan

Sebenarnya itu foto lama. Awal 2020. Saat saya mendampingi Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan alias Iwan Bule mengunjungi stadion-stadion calon tuan rumah Piala Dunia U20. Awalnya, Piala Dunia yunior itu akan dihelat 2021, tapi karena pandemi, maka pesta sepak bola dunia level dua itu ditunda hingga 2023.

Kami datang ke beberapa kota. Bandung. Yogyakarta. Solo. Surabaya. Pekanbaru. Palembang. Gianyar. Bogor. Jakarta.

Belakangan, foto di Stadion Manahan, Solo, itu viral lagi. Muasalnya adalah berita tentang satu stadion baru di Indonesia. Tepatnya di ibu kota: Jakarta International Stadium.

Selama kurang lebih dua tahun event itu ditunda karena pandemi Covid-19, Jakarta International Stadium telah rampung dibangun dan bahkan sudah digunakan untuk menggelar ajang internasional seperti International Youth Championship 2022 yang diikuti tim muda Atletico Madrid dan Barcelona.

Meski memiliki tambahan stadion dengan kualitas mumpuni, PSSI belum punya rencana untuk mengubah daftar stadion untuk Piala Dunia U-20 2023. Salah satu alasannya adalah agar ajang akbar itu bisa digelar secara merata tak hanya di Jakarta.

“Sementara masih itu. Mudah-mudahan sesuai harapan kita, enam venue tersebut. Kita ingin supaya terbagi rata World Cup ada di seluruh Indonesia,” kata Iwan Bule.

Foto dalam video viral itu banyak mengundang respon ke japri. Ada yang kaget saya bekerja di PSSI. Ada juga yang menyoroti muka masam saya, atau bahkan dianggap lebih galak dari ketumnya, heheheā€¦

Leave a Reply

Your email address will not be published.